Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Pesantren Sultan Hasanuddin Limbung Gowa
Main Article Content
Abstract
Pesantren merupakan salah satu Lembaga Pendidikan yang memiliki peran penting dalam Pendidikan karakter peserta didik. Adapun salah satu pembelajaran yang memiliki pengaruh kuat dalam pembentukan karakter adalah pembelajaran Bahasa Arab dengan berbagai materinya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman dan informasi secara lengkap tentang nilai-nilai Pendidikan karakter yang terdapat dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Sultan Hasanuddin Pattunggalengang Limbung Gowa dan telah diimplementasikan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari para santri dan santriwati. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang dilakukan dengan mengumpulkan data kemudian menganalisa dan menarik kesimpulan dengan cara mendiskripsikan hasil dari penelitian tersebut. Adapaun hasil dan kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat 15 nilai karakter yang terdapat dalam pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Sultan Hasanuddin Limbung Gowa, meliputi : 1.Religius, 2.Disiplin, 3.Kerja keras, 4.Mandiri, 5.Demokratis, 6.Rasa ingin tahu, 7.Menghargai prestasi, 8.Komunikatif, 9.Gemar membaca, 10.Peduli social, 11. Kreatif, 12.Tanggung Jawab, 13.Cinta Tanah air, 14. Peduli lingkungan, 15.Cinta Damai. Adapun proses pembelajaran Bahasa Arab dilaksanakan secara formal ( di dalam kelas) dan non Formal (di luar kelas) yang berupa kegiatan ekstrakurikuler yang tetap menerapkan penggunaan Bahasa Arab dalam pelaksanaannya, sehingga antara teori dan praktek dapat terlaskana dengan baik dan efektif.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Amelia, F. (2019). Peranan Pondok Pesantren Sultan Hasanuddin dalam Pembinaan Masyarakat Islam di Kecamatan Bajeng Kab.Gowa .
Awal, S. N. (2008). Proposal Penelitian di Perguruan Tinggi. Sinar Baru Algesindo.
Baroroh, A. Q. (2018). Integritas Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Muhammadiyah. Journal of Arabic Studies, 181-195.
Dariyadi, W. (2019). Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Digital. Konferensi Nasional Bahasa Arab 5, (pp. 448-462).
Effendi, A. F. (2003). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Fauziah Bachtiar, M. B. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Sultan Hasanuddin Limbung Gowa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 173-183.
Hardani, d. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Hariyanto, S. M. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Kemdiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa : Pedoman Sekolah. Jakarta: Badan Penekitian dan Pengembangan.
Muhammad Radhi, M. B. (2023). Urgensi Bahasa Arab dalam Perkembangan Pendidikan Islam di Era Digital 4.0. International Conference on Actual Islamic Studies (pp. 91-113). Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Ramayalis. (2008). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Kalam Mulia.
Salamah, H. L. (2020). Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Digital 4.0. Jurnal Premier.2, 211-222.
Amelia, F. (2019). Peranan Pondok Pesantren Sultan Hasanuddin dalam Pembinaan Masyarakat Islam di Kecamatan Bajeng Kab.Gowa .
Awal, S. N. (2008). Proposal Penelitian di Perguruan Tinggi. Sinar Baru Algesindo.
Baroroh, A. Q. (2018). Integritas Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Muhammadiyah. Journal of Arabic Studies, 181-195.
Dariyadi, W. (2019). Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Digital. Konferensi Nasional Bahasa Arab 5, (pp. 448-462).
Effendi, A. F. (2003). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Fauziah Bachtiar, M. B. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Sultan Hasanuddin Limbung Gowa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 173-183.
Hardani, d. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Hariyanto, S. M. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Kemdiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa : Pedoman Sekolah. Jakarta: Badan Penekitian dan Pengembangan.
Muhammad Radhi, M. B. (2023). Urgensi Bahasa Arab dalam Perkembangan Pendidikan Islam di Era Digital 4.0. International Conference on Actual Islamic Studies (pp. 91-113). Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Ramayalis. (2008). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Kalam Mulia.
Salamah, H. L. (2020). Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Digital 4.0. Jurnal Premier.2, 211-222.
Setyawan, A. (2015). Pengintegrasian Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 127-144.
Sifa, S. (2017). Pendidikan Karakter dalam pembelajaran Bahasa Arab di SDIT Harapan Umat Purbalingga.
Warsono. (2022). Pendidikan Karakter Dan Profil Pelajar Pancasila. Conference of Elementary Studies (pp. 631-640). Unisa.University Press.
Yusuf, B. d. (2023). Startegi Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Bahasa Arab. 36-45.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenademia Group.
Zuliani, E. (2017). Nilai-nIlai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Arab. AN Nabhigho IAIN Metro, 127-156.