Pengaruh Khalayak Media Sosial Terhadap Live TikTok Capres-Cawapres 2024
Main Article Content
Abstract
Media sosial adalah teknologi yang dirancang untuk bersosialisasi serta mengekspresikan diri di jejaring internet berupa teks, foto dan video. Fenomena live TikTok menjelang pemilu Capres-cawapres pada 2024 menjadi perhatian khalayak di media sosial. Dikarenakan dengan live tersebut bertujuan untuk menarik perhatian dari para remaja milenial yang merupakan sasaran kampanye sebagian dari Capres-Cawapres ini. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan seberapa besar pengaruh yang diberikan oleh masing-masing capres-cawapres saat live TikTok berlangsung, menganalisis apa yang disampaikan oleh para capres dan dampak yang dihasilkan dari fenomena tersebut. Para khalayak media sosial menerima informasi dari para capres dan cawapres serta berinteraksi melalui komentar live TikTok. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi terhadap komentar dan tanggapan penonton pada live Tiktok Capres-Cawapres selama 1 bulan menjelang pemilihan umum. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aktif media sosial di Indonesia. Sampel diambil secara acak dengan jumlah 100 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden menyatakan live TikTok Capres-Cawapres berpengaruh terhadap minat mereka untuk mengikuti pemilu. Live TikTok dinilai efektif untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap figur Capres-Cawapres. Meskipun demikian, sebagian responden menilai konten live TikTok belum memberikan informasi yang cukup substantif terkait visi-misi dan program kerja Capres-Cawapres. Live Tiktok membawa pengaruh positif terhadap pembentukan citra dan elektabilitas Capres-Cawapres di kalangan khalayak media sosial. Interaksi langsung dengan kandidat melalui live Tiktok dinilai mampu mendekatkan diri dengan pemilih milenial. Selain itu, kemampuan kandidat dalam mengemas konten live Tiktok dengan menarik turut menentukan tingkat elektabilitasnya. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menggali lebih dalam terkait konten live TikTok yang paling efektif dalam meningkatkan partisipasi politik generasi milenial. Live Tiktok yang dilakukan oleh Capres dan Cawapres pada pemilihan umum 2024 telah menjadi tren baru dalam berkampanye. Kesimpulannya, live Tiktok merupakan strategi kampanye daring yang efektif untuk meningkatkan elektabilitas Capres-Cawapres pada pemilih milenial pengguna media sosial.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Akbar, M. (2023). Analisis Pemanfaatan Kanal Digital Muda. Nasdem. Id Dan Instagram@ Official_Nasdem Sebagai Kampanye Digital Partai Nasdem Kepada Pemilih Pemula Menuju Pemilu 2024. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 3821-3832.
Akbar, R. S. (2019). Peran Media Sosial dalam Perubahan Gaya Hidup Remaja di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Skripsi. Surabaya: Universitas Airlangga.
Ardha, B. (2014). Social Media sebagai media kampanye partai politik 2014 di Indonesia. Jurnal Visi Komunikasi, 13(1), 105-120.
Databoks.katadata.co.id. 2023. Indonesia Punya Pengguna Tiktok Terbanyak ke-2 di Dunia
Hidayat, A. (2020). Manfaat Pelaksanaan Pemilu Untuk Kesejahteraan Masyarakat. Politicon: Jurnal Ilmu Politik, 2(1), 61-74.
Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1).
Medcom.id. 2023. Kampanye: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Tekniknya.
Purwa, I. B. G. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Menuju Masyarakat Cerdas Berpengetahuan. Media Sains Informasi dan Perpustakaan, 2(1), 49-58.
Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 16(2).
Wihayati, W. (2016). Persepsi Khalayak Dalam Penggunaan Media Jejaring Sosial Untuk Kampanye Politik. Jurnal Signal, 4(1).