Dasar-Dasar Pendidikan sebagai Pembentuk Moral dan Intelektual Peserta Didik di Sekolah Dasar

Main Article Content

Ficky Dewi Ixfina
Siti Nur Rohma

Abstract

Pendidikan di sekolah dasar bukan sekadar transfer of knowledge semata namun juga harus mampu membentuk karakter atau moral peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran dasar-dasar pendidikan di sekolah dasar dalam membentuk moral dan intelektual peserta didik secara holistik. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Reduksi data dilakukan dengan cara menyaring, mengorganisasi, dan merangkum data yang diperoleh dari hasil pengumpulan data baik dari jurnal, buku, wawancara, observasi dan dokumentasi sehingga hasil yang diperoleh relevan. Adapun hasil dari penelitian ini ialah pentingnya integrasi nilai moral dalam kurikulum, pembentukan intelektual melalui pembelajaran yang menerapkan dasar-dasar pendidikan, dan pentingnya peran guru dalam lingkungan pembentukan moral dan intelektual peserta didik. Sehingga dasar-dasar pendidikan tidak sebatas menjadi konsep akan tetapi menjadi pondasi dalam pelaksanaan pendidikan itu sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ixfina, F. D. ., & Rohma, S. N. . (2025). Dasar-Dasar Pendidikan sebagai Pembentuk Moral dan Intelektual Peserta Didik di Sekolah Dasar. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(2), 222–231. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i2.7065
Section
Articles

References

Ahsanul Huda Susanto, Dkk. 2024. “Optimalisasi Pembelajaran Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Pemahaman Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 09:1–23.

Febrianti, Natasya, dan Dinie Anggraenie Dewi. 2021. “Pengembangan Nilai Moral Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.” Jurnal Kewarganegaraan 5(2):476–82. doi: 10.31316/jk.v5i2.1772.

Hidayat, Muhammad Yusuf. 2022. “Konsep Trilogi Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Di Era Teknologi Informasi.” Jurnal Civic Hukum 1(1):33.

Ikhsan. 2015. Dasar-Dasar Pendidikan.

Imanulhaq, Rela, dan Ichsan Ichsan. 2022. “Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Sebagai Dasar Kebutuhan Media Pembelajaran.” Waniambey: Journal of Islamic Education 3(2):126–34. doi: 10.53837/waniambey.v3i2.174.

Irawati, Deasy, Siti Masitoh, dan Mochamad Nursalim. 2022. “Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai Landasan Pendidikan Vokasi di Era Kurikulum Merdeka.” JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala 7(4):1015–25. doi: 10.58258/jupe.v7i4.4493.

Kemdikbud. 2003. “UU_tahun2003_nomor020.” Zitteliana 19(8):159–70.

Kh, Islam, Hasyim Asy, Al- Muta, Al- Muta, Thariq Al, Imam Al, Hasyim Asy, Hasyim Asy, Hasyim Asy, dan Hasyim Asy. 2021. “Konsep Adab Pendidikan Islam Kh. Hasyim Asy’ari.” 1(April):332–44.

Prof. Dr. Suyatno, M. Pd. 2024. Dasar_dasar_Pendidikan.

Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, dan Yumriani. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2(1):1–8.

Saiddaeni, Saiddaeni, Enggal Bagas, Nova Saputra, dan Muhammad Amiruddin Dardiri. 2023. “Adab Menuntut Ilmu Dalam Perspektif Kitab KH.Hasyim Asy’ari dan Naquib Al-Attas di Era Digital.” 6:175–97.

Sania Putriana, Neviyarni, Irdamurni. 2021. “Perkembangan Intelektual pada Usia Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(2019):1771–77.

Santika, I. Gusti Ngurah, Ni Ketut Suarni, dan I. Wayan Lasmawan. 2022. “Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau Dari Kurikulum Sebagai Suatu Ide.” Jurnal Education and development 10(3):694–700.

Syahrir, Didi, Kurniawana Feby, Irdamurni, dan Desyandri. 2023. “Hubungan Filosofi Ki Hajar Dewantara Sebagai Dasarkebijakan Pendidikan Nasional Merdeka Belajar di Indonesia.” AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam VIII(I):1–19.

Ulla, R. A. 2022. “Konsep Sistem Among Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam.” 07(01):7482–93.

Wulandari Wangi Ni Kadek, Fridari Diah Ayu I. Gusti. 2024. “Jurnal Inovasi Pendidikan.” Jurnall Inovasi Pendidikan 6(1):52–61.